Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Jurnal Ilmiah Ibnu Sina (JIIS): Ilmu Farmasi dan Kesehatan?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

 

Naskah yang dikirimkan harus belum pernah diterbitkan atau sedang dalam tahap submit publikasi di jurnal lain.

Penulis tidak dikenakan biaya untuk mempublikasikan artikel di Jurnal Ilmiah Ibnu Sina.

Penulisan naskah mengikuti format di bawah ini. 

 

PEDOMAN BAGI PENULIS

 Format yang harus diikuti:

  1. Naskah diketik dalam MS Word, dengan font Times New Roman 12 point, dengan spasi satu koma lima (1,5), kertas HVS ukuran A4, maksimal 8 halaman. Margin untuk atas, kiri, kanan, dan bawah masing-masing 4, 4, 3, dan 3.
  2. Judul dibuat sederhana. Judul bahasa indonesia : font Times New Roman 14, posisi center, cetak  tebal, bahasa latin dengan cetak miring. Judul bahasa inggris : font Times New Roman 14, posisi center, cetak normal, bahasa latin dengan cetak miring. Nama penulis: font Times New Roman 12, posisi center, cetak normal, di belakang nama diberi no asal institusi, (upperscript). Asal institusi : setelah nama diberi enter 1 spasi, font Times New Roman 11, posisi center, cetak normal. Alamat email coresponden author langsung dibawah institusi, font Times New Roman 11, cetak miring. Penulis harus mencantumkan semua pihak yang terlibat baik dalam penelitian atau penulisan, meliputi nama lengkap (tanpa gelar).
  3. Format naskah mengikuti urutan sebagai berikut:
  • Abstrak

Abstrak dituliskan dalam satu paragraf, maksimal 200 kata, ditulis dengan font Times New Roman 12, huruf cetak miring, yang meliputi tujuan penelitian, metode, hasil dan kesimpulan. Abstrak dituliskan dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris). Kata kunci 3-6 kata. Tulisan abstrak (Bahasa Indonesia) font Times New Roman 12, posisi center, cetak tebal. Isi abstrakfont Times New Roman 12, posisi justify, cetak normal, bahasa latin dengan cetak miring. Tulisan Kata kunci: dicetak tebal, isi kata kunci cetak normal. Tulisan abstract (Bahasa Inggris): font Times New Roman 12, posisi center, cetak tebal dan miring. Isi abstrak font Times New Roman 12, posisi justify, cetak miring. Tulisan keyword dicetak tebal dan miring, isi keyword cetak miring

  • Pendahuluan

Mencantumkan latar belakang dan tujuan penelitian. Judul subbab: font Times New Roman 12, posisi rata kiri, cetak tebal dan huruf besar semua. Isi subbab : font Times New Roman 12, posisi justify, jadi 2 kolom, cetak normal, tulisan asing dicetak miring.

  • Metodologi

Mencantumkan metode atau teknik penelitian, alat-alat khusus yang diperlukan dalam penelitian, teknik sampling dan cara analisis data secara jelas, sehingga dapat dimengerti dan diulang oleh peneliti lain.

  • Hasil dan Pembahasan

Mencantumkan hasil penelitian yang berupa data-data dalam bentuk susunan kalimat,  tabel, grafik atau gambar. Untuk tabel, grafik atau gambar, penomeran harus jelas dan berurutan. Untuk tabel, keterangannya ditulis di atas tabel, sementara untuk grafik dan gambar, keterangannya dituliskan di bawah. Tulisan keterangan tabel, gambar, atau grafik ditulis dengan font Times  New Roman 10,posisi center, cetak tebal. Tulisan atau angka dalam tabel juga ditulis dengan font Times New Roman 10. Tampilan gambar dan tabel harus jelas dan proporsional.

  • Kesimpulan

Sederhana dan ada kaitannya dengan tujuan penelitian

  • Ucapan Terimakasih

Diberikan kepada instansi atau orang yang telah mendukung penelitian tersebut.

  • Daftar Pustaka

Format Daftar Pustaka:

Daftar pustaka harus dipastikan bahwa penulisannya benar, dan sesuai antara pustaka yang ada di teks dengan yang ada di list daftar pustaka. Pustaka di daftar pustaka dituliskan alfabetis.

Penulisan pustaka di dalam teks yaitu dengan menuliskan (nama penulis, tahun), untuk dua penulis dituliskan semua, kalau lebih dari dua, yang ditulis hanya penulis pertama (nama penulis pertama, dkk., tahun).

 

Contoh Penulisan Daftar Pustaka:


Jurnal atau Tabloid Ilmiah Berkala

Format: Peneliti 1, Peneliti 2, Peneliti 3, tahun, Judul Artikel, Nama jurnalVolume, edisi, halaman.

Contoh:

Filho, A.D.O.,  Filho, J.A.B.,  Neves, S.J.F.,  Lyra, D.P.D., 2012,  Association between the 8-item Morisky Medication Adherence Scale (MMAS-8) and Blood Pressure Control, Arq Bras Cardiol; 99(1): 649-658


Buku

Format: Penulis 1, Penulis 2, Penulis 3, tahun, Judul Buku, edisi, Penerbit, Kota, halaman. Contoh:

Laurence, L.B., Lazo, J.R., Parker, K.L., 2008, Goodman & Gilman’s ; Manual Pharmacology and Therapeutics, Seventh Edition, Mc Graw Hill Press, New York :546-60.

 

Chapter (Bagian) dari Buku

Format: Penulis dalam chapter buku, tahun, Judul Chapter, dalam Judul Buku, Editor, Penerbit, Kota, halaman.

Contoh:

Che Man,Y.B., Syahariza,Z.A., Rohman,A., 2010, Chapter 1. Fourier transform infrared (FTIR) spectroscopy: development, techniques, and application in the analyses of fats and oils, in Fourier Transform Infrared Spectroscopy, edited by Oliver J. Ress, Nova Science Publishers, New York, USA: 1 – 26.

 

Artikel dalam Proceeding Seminar

Format: Peneliti 1, Peneliti 2, Peneliti 3, tahun, Judul Artikel, Proceeding dari seminar (nama seminar), Tempat seminar (negara), tanggal seminar, Editor 1, Editor 2, Penerbit, halaman.

Contoh:

Alfian, R., Akrom, Darmawan, E., 2013, Pharmacist Counseling Intervention By Oral Can Increase The Patients Adherence And Decrease Systolic Blood Pressure Of Ambulatory Hypertension Patients At Internal Disease Polyclinic PKU Bantul Hospital, Indonesia, Proceding Of The 3rd International Safety Management Of Central Cytotoxic Reconstitution, Indonesia : 21-26

 

Tesis atau disertasi

Format: Peneliti, tahun, Judul Tesis/Disertasi, Tesis/Disertasi, Nama Universitas. Contoh:

Katrina, T.M., 2015, Brief Counseling Improving Patients Adherence, Thesis, King Saud University, Riyadh.

 

Pustaka on line

Format: Peneliti, tahun, Judul Artikel on line, nama tabloid atau alamat web, tanggal akses on line.

Contoh:

Okumura, L.M., 2014, Assessment of pharmacist-led patient counseling in randomized controlled trials: a systematic review, http://link.springer.com/article/10.1007%2Fs11096-014-9982-1 was accessed on Januari 02,2016.

 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.